Saturday, December 2, 2017

Bahasa Arab Jangan Bersedih

Sudah banyak yang tahu kalau bahasa Arabnya jangan bersedih adalah laa tahzan. Laa tahzan adalah bentuk fi’il nahiy (kata kerja larangan) dari حزن-يحزن (hazina-yahzanu) yang berarti sedih/susah. Namun kalimat laa tahzan sebenarnya digunakan apabila mukhathab/lawan bicaranya seorang laki-laki. Sebenarnya arti kalimat laa tahzan adalah janganlah kamu (laki-laki) bersedih! Di sini dapat diketahui kalau lawan bicaranya adalah satu orang. Lalu bagaimana jika kita mau mengatakan jangan bersedih kepada dua orang atau lebih? Bagaimana pula jika orang yang kita ajak bicara adalah seorang perempuan? Berikut adalah tabel ungkapan “jangan bersedih” dalam bahasa Arab beserta cara baca, lawan bicara dan artinya.
Jangan Bersedih
via pixabay

Tabel Ungkapan “Jangan Bersedih” dalam Bahasa Arab

Arti

Lawan Bicara

Cara Baca

Bahasa Arab

Janganlah kamu (laki-laki) bersedih!Seorang laki-lakiLaa tahzanلَاتَحْزَنْ
Janganlah kalian berdua bersedih!Dua orang baik laki-laki maupun perempuanLaa tahzanaaلَاتَحْزَنَا
Janganlah kalian (laki-laki) bersedih!Tiga atau lebih orang laki-lakiLaa tahzanuuلَاتَحْزَنُوْا
Janganlah kamu (perempuan) bersedih!Seorang perempuanLaa tahzaniiلَاتَحْزَنِيْ
Janganlah kalian (perempuan) bersedih!Tiga atau lebih orang perempuanLaa tahzannaلَاتَحْزَنَّ

Bagaimana kalau kita mau mengatakan jangan bersedih dalam bahasa Arab kepada orang banyak laki-laki dan perempuan? Umumnya kalau mukhathabnya perempuan dan laki-laki banyak, kita menggunakan bentuk yang digunakan untuk laki-laki banyak. Jadi kita menggunakan Laa tahzanuu.
Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai “Bahasa Arab Jangan Bersedih”. Mohon dikoreksi apabila dalam artikel ini terdapat kesalahan. Dan janganlah kalian bersedih!

0 comments

Post a Comment